Sunday, December 13, 2015

PHP DATE TIME

PHP DASAR : Pengenalan PHP Date Time

Kali ini kita akan belajar mengenai sebuah fungsi di dalam PHP untuk menampilkan tanggal, bulan, hari, dan tahun saat ini (PHP Date Time Function). Seperti namanya date (tanggal) dan time (waktu). Pada tutorial ini hal yang harus diperhatikan adalah Anda telah memahami "Apa Itu PHP ?" dan "Bagaimana Menjalankan PHP ?".
function date time disqus sumut


Jika Anda belum memahaminya dan tidak tahu cara menjalankannya, Anda dapat membaca pada postingan yang sebelumnya. Disini akan saya terangkan hanya mengenai penggunaan fungsi datetime dan contoh dari masing-masing keterangan.

Untuk memulai pastinya Anda harus mengetikkan script <?php pembuka di bagian awal dan ?> di bagian akhir; kemudian disusul dengan penulisan date(); . Jangan lupa untuk menampilkannya menggunakan echo.

Xample :

<?php
  echo date();
?>

Saat Anda coba menjalankan, maka yang Anda dapati adalah error seperti berikut ini.
Warning: date() expects at least 1 parameter, 0 given in disqus sumut

Ya, karena kita belum menempatkan parameter yang sesuai oleh karena itu mari kita tambahkan dengan d/m/y sehinggan script lengkapnya menjadi seperti berikut.

Xample 2 :

<?php
 echo date("d/m/y");
?>

Saat kita coba jalankan maka akan menampilkan tanggal, bulan dan tahun dengan format dua digit angka dengan tampilan seperti berikut ini .
php date time date("d/m/y") disqus sumut
Jika kita ganti huruf d/m/y dengan huruf uppercase (huruf besar) maka akan menampilkan hari, bulan dan tahun seperti berikut.
D/M/Y date time php disqus sumut
Nah, untuk menjelaskan dan memudahkan pengertian dan fungsi masing masingnya mari kita buat kedalam sebuah variabel (string definition), seperti di bawah ini.

$hari=date('D');
$tanggal=date('d');
$bulan=date('M');
$bulan_angka=date('m');
$tahun=date('Y');
$tahun_2digit=date('y');

kemudian untuk menampilkan kita gunakan echo dan berikut script nya.

<?php
$hari=date('D');
$tanggal=date('d');
$bulan=date('M');
$bulan_angka=date('m');
$tahun=date('Y');
$tahun_2digit=date('y');

echo "
<p>
Sekarang hari $hari, tanggal $tanggal, bulan $bulan, tahun $tahun <br/>
atau ($tanggal/$bulan_angka/$tahun_2digit).
</p>
";
?>

Nah sekarang kita telah sampai ke penghujung tutorial, sampai disini Anda sudah memahami fungsi dari datetime dan pengertiannya. Untuk selanjutnya Anda dapat mengembangkan dengan creasi dan imajinasi Anda sendiri.

Nantikan juga tutorial membuat datetime sesuai dengan bahasa Indonesia.
Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Berikan komentar Anda untuk membangun dan kritikan untuk memperbaiki kesalahan dan kehilafan saya dalam penulisan di website ini.


Terima Kasih
#ADMIN

No comments:

Post a Comment