Saturday, December 26, 2015

CREATE TWITTER WIDGET BLOGGER OR WEBSITE

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Ya, sesuai dengan judul artikel kali ini kita akan membahas mengenai sebuah cara membuat dan memasang widget Twitter ke dalam sebuah website atau blog. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda sudah memiliki sebuah akun Twitter. Jika belum kami sarankan Anda untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu.



Setelah memiliki sebuah akun, pastikan Anda telah melakukan login ke dalam system Twitter.
Atau buka di twitter.com masukan alamat email/username dan password Twitter Anda. Kemudian klik masuk/login.

Langkah selanjutnya setelah Anda sukses untuk login kedalam twitter, klik pada sebelah kanan atas di bagian foto profil Anda. Kemudian pilih pengaturan. Kemudian lihat pada bagian kiri dan scroll kebawah. Klik pada tulisan Widget. 

Pilih buat baru, jika Anda belum pernah sama sekali membuatnya.

Kemudian Anda dapat melihat beberapa pilihan widget yang bisa Anda buat beserta demo tampilannya/previewnya.

Pilihan yang bisa Anda pilih adalah :


  • Timeline Pengguna
  • Suka
  • Daftar
  • Cari
  • Koleksi


Nah, untuk mempersingkat kali ini yang akan kita bahas adalah Timeline Pengguna, Anda dapat mengatur tinggi dari widget yang akan Anda inginkan sesuai dengan keinginan Anda. untuk default dari twitter adalah 600px. Anda dapat mengubahnya menjadi 400px atau selebihnya.
Untuk tema, tersedia dua pilihan. Terang berarti background adalah putih. Untuk Gelap, background adalah hitam.

Warna tautan bisa Anda ubah dengan warna selera Anda. Jika pratinjau sudah sesuai dengan keinginan Anda, maka langkah selanjutnya adalah Anda klik pada "Buat Widget". Setelah selesai copy kode yang diberikan oleh pihak twitter pada bagian bawah pratinjau.

Jika Anda meletakkan widget tersebuat pada sebuah website, maka langkah yang Anda lalui telah selesai hanya perlu pastekan pada website Anda. Sedangkan untuk pemasangan di blogger atau wordpress. Langkah selanjutnya adalah masuk pada draff blogger --^ tata letak --^ dan tambahkan gadget --^ pilih html/javascript.

Ketikkan pada kolom judul "Follow Us On Twitter" dan pada bagian content pastekan kode yang telah Anda copy tadi dari twitter.

1 comment: